Materi Aritmetika Sosial Bagian I

Aritmetika sosial merupakan salah satu materi matematika yang mempelajari operasi dasar suatu bilangan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari kegiatan jual beli atau perdagangan sering dijumpai. Dalam perdagangan terdapat penjual dan pembeli. Jika kita ingin memperoleh barang yang kita inginkan maka kita harus melakukan pertukaran untuk mendapatkannya. Misalnya penjual menyerahkan barang kepada pembeli sebagai gantinya pembeli menyerahkan uang sebagai penganti barang kepada penjual.

Seorang pedagang membeli barang dari pabrik untuk dijual lagi dipasar. Harga barang dari pabrik disebut modal atau harga pembelian sedangkan harga dari hasil penjualan barang disebut harga penjualan.


Dalam aritmetika sosial akan dijumpai beberapa hal, antara lain :

1. Untung

2. Rugi

3. Harga pembelian

4. Harga penjualan


1. Untung

Untung adalah selisih yang didapat antara harga penjualan suatu barang dengan harga pembeliannya dengan syarat nilai harga jual lebih tinggi dari harga pembelian.

Untung = harga jual – harga beli

2. Rugi

Rugi adalah selisih yang didapat antara harga penjualan suatu barang dengan harga pembeliannya dengan syarat nilai harga jual lebih rendah dari harga pembelian.

Rugi = harga beli – harga jual

3. Harga pembelian

Harga pembelian adalah harga untuk membeli bahan baku atau benda yang akan dijual.

Harga beli = harga jual – untung

4. Harga penjualan

Harga penjualan adalah harga ketika barang atau benda tersebut dijual, harga jual didapatkan dengan menjumlahkan harga pembelian dengan untung.

Harga jual = harga beli + untung


Silakan rangkuman soal dikirim melalui tautan di bawah ini, dengan menuliskan juga nama, kelas dan nomor absen pada kertasnya: 



Klik di sini untuk kirim tugasatau ke 085799636072
(Tempat Pengumpulan Tugas Matematika)

No comments for "Materi Aritmetika Sosial Bagian I"