Memahami Posisi Titik terhadap Titik Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b) ~ Bidang Kartesius Bagian II

Memahami Posisi Titik terhadap Titik Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b) ~ Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari Posisi Titik Terhadap Sumbu-x dan Sumbu-y. Pada kali ini kita akan membahas Posisi Titik Terhadap Titik Asal dan Titik Tertentu.

1. Posisi Titik Terhadap Titik Asal (0, 0)

Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut menunjukkan jarak dan posisi pada suatu titik asal (0. 0) terhadap titik tertentu. Guna menentukan letaknya, mulailah dari titik O. Kemudian, bergerak mendatar ke arah kanan (sumbu X), lalu bergerak ke atas (sumbu Y).

Contoh :

1. Tentukan tentukan posisi titik A (3, 5) terhadap titik asal (0,0)!

Selesaian : Karena terhadap (0,0) maka mulailah dari (0,0 ) menuju titik A, jadi posisi titik A terhadap titik asal adalah 3 satuan ke kanan dan 5 satuan ke atas.

2. Tentukan tentukan posisi titik C (-4, 3) terhadap titik asal (0,0)!

Selesaian : Karena terhadap (0,0) maka mulailah dari (0,0 ) menuju titik C, jadi posisi titik C terhadap titik asal adalah 4 satuan ke kiri dan 3 satuan ke atas.

3. Tentukan tentukan posisi titik E (-3, -4) terhadap titik asal (0,0)!

Selesaian : Karena terhadap (0,0) maka mulailah dari (0,0 ) menuju titik E, jadi posisi titik E terhadap titik asal adalah 3 satuan ke kiri dan 4 satuan ke bawah.


2. Posisi Titik Terhadap Titik Tertentu (a, b)

Perhatikan gambar!

Berdasarkan denah, tentukan :

1. Posisi pasar terhadap pos utama

2. Posisi Pos 1 terhadap tanah lapang

3. Posisi tenda 4 terhadap kolam

4. Koordinat tenda 3 terhadap pos 1

Alternatif selesaian :

1. Posisi pasar terhadap pos utama. Karena terhadap pos utama, maka mulailah dari Pos Utama ke pasar, sehingga posisi pasar terhadap Pos Utama adalah 4 satuan ke kanan dan 3 satuan ke atas

2. Posisi Pos 1 terhadap tanah lapang. Karena terhadap tanah lapang, maka mulailah dari tanah lapang ke Pos 1, sehingga posisi Pos 1  terhadap tanah lapang adalah 6 satuan ke kanan dan 2 satuan ke atas

3. Posisi tenda 4 terhadap kolam. Karena terhadap kolam, maka mulailah dari kolam ke tenda 4, sehingga posisi tenda 4 terhadap kolam adalah 3 satuan ke kiri dan 1 satuan ke atas

4. Koordinat tenda 3 terhadap pos 1. Karena terhadap pos 1, maka mulailah dari pos 1 ke tenda 3, sehingga koordinat tenda 3 terhadap pos 1 adalah(-4, -5)

Latihan Soal

  1. Tentukan tentukan posisi titik P (3, -5) terhadap titik asal (0,0)!
  2. Tentukan tentukan posisi titik Q (-7, 6) terhadap titik asal (0,0)!
  3. Tentukan koordinat posisi dari titik A(– 3, – 5) terhadap B( 0, 2 ) !
  4. Empat buah titik koordinat suatu bangun adalah K( −4,2 ); L( 3,2 ); M(−6,−4); dan N(5, −4).

a. Gambarlah titik-titik tersebut pada bidang kartesius.

b. Hubungkanlah keempat titik koordinat tersebut, bangun apakah yang terbentuk?




Silakan latihan soal di atas dikerjakan pada buku kalian kemudian hasilnya difoto dan dikirim melalui tautan bersamaan dengan rangkuman materi melalui tautan di bawah ini, dengan menuliskan juga nama, kelas dan nomor absen:


Klik di sini untuk kirim tugas atau ke 085799636072
(Tempat Pengumpulan Tugas Matematika)

No comments for "Memahami Posisi Titik terhadap Titik Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b) ~ Bidang Kartesius Bagian II"