Bidang Kartesius - Materi kelas VIII

 Bidang Kartesius - Materi kelas VIII ~ Dalam matematika, Sistem koordinat Kartesius digunakan untuk menentukan tiap titik dalam bidang dengan menggunakan dua  bilangan yang biasa disebut koordinat x (absis) dan koordinat y (ordinat) dari titik tersebut. Posisi titik suatu koordinat dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai berikut.

1. Posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y

Koordinat merupakan bilangan yang dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik di garis permukaan atau ruang. Sistem koordinat Cartesius dalam dua dimensi umumnya didefinisikan dengan dua sumbu yang saling tegak lurus antarsatu dengan yang lain, serta keduanya terletak pada satu bidang (bidang xy). Sumbu horizontal diberi label x, dan sumbu vertikal diberi label y.

Titik-titik pada bidang Cartesius (untuk selanjutnya disebut bidang koordinat) memiliki jarak terhadap sumbu X dan sumbu Y. Titik pertemuan antara kedua sumbu dan titik asal umumnya diberi label 0. Setiap sumbu juga mempunyai besaran panjang unit, dan setiap panjang tersebut diberi tanda. Guna mendeskripsikan suatu titik tertentu dalam sistem koordinat dua dimensi, nilai x ditulis (absis), lalu diikuti dengan nilai y (ordinat). Dengan demikian, format yang dipakai selalu (x,y) dan urutannya tidak dibalik-balik.

Perhatikan gambar !

Dari gambar di atas di peroleh :
  • Koordinat titik A adalah A(2, 3). Posisi titik A berjarak 3 satuan terhadap sumbu-x dan berjarak 2 satuan terhadpa sumbu-y
  • Koordinat titik B (-4, 2). Posisi titik B berjarak 2 satuan terhadap sumbu-x dan berjarak 4 satuan  terhadap sumbu-y


Video Pembelajaran Materi Bidang Kartesius Kelas VIII (Bagian I)

Bagi yang kurang paham bisa menyimak terlebih dahulu video berikut:

Diskusi 

Nungggu TOKEN dari guru.
Masukkan TOKEN untuk memulai!



Klik di sini untuk kirim tugas atau ke 085799636072
(Tempat Pengumpulan Tugas Matematika)

No comments for "Bidang Kartesius - Materi kelas VIII"